Thursday, January 15, 2009

Sering pakai keyboard dan mouse bisa bahaya??

Waduh, betul tidak ya judul diatas??
Jawabnya memang betul, dalam sebuah penelitian telah disimpulkan adanya penyakit yang bernama Carpal Tunnel Syndrome (CTS) merupakan sebuah penyakit yang disebabkan karena terganggunya saraf tengah karena tekanan yang terjadi pada bagian pergelangan tangan hal ini menimbulkan rasa sakit, nyeri dan melemahnya otot otot pada bagian pergelangan tangan. Penyakit ini terjadi pada pergelangan tangan kita karna sirkulasi darah tidak berjalan dengan benar akhirnya banyak lemak yang menumpuk disana dan menyebab rasa sakit di sekitar pergelangan kita. Wah-wah bisa gawat (Gajah makan kawat) bagi kita-kita yang kecanduan sama yang namanya komputer (bisa blogger, designer, programmer dll)-*kita? lu aja kali gue nggak, takut ah.

Memang penyakit ini terjadi akibat penggunaan piranti (alat) diatas secara berlebihan, posisi kita yang salah dan tentunya piranti itu kurang ergonomis (kurang memenuhi standar kenyamanan). Namun tidak perlu khawatir karena penyakit ini pun dapat dicegah. Pencegahan dapat dilakukan dengan pemanasan berupa latihan-latihan kurang-lebih 5 menit sebelum memulai bekerja. Latihan-latihannya sebagai berikut:

- Lakukan penguluran/ peregangan jari dan pergelangan tangan kedua-duanya seolah olah dalam posisi menghadap ke bawah. Tahan gerakan ini kira-kira selama 5 hitungan.

-Meluruskan kedua pergelangan tangan dan jari secara santai dengan 5 hitungan.

-Buat kepalan pada kedua tangan kemudian tekuk kedua tangan yang mengepal ke arah bawah secara perlahan, kira-kira 5 hitungan.

-Kemudian lakukan lagi pelurusan pada kedua tangan dan jari secara santai dengan 5 hitungan.

-Lakukan langkah-langkah diatas berulang-ulang kira-kira selama 10 kali. Kemudian posisikan lengan dengan keadaan bebas pada posisi samping dan guncangkan/ ayunkan dalam beberapa detik dengan santai.
Klik untuk gambar latihan & sumber artikel diatas..

Latihan-latihan diatas lebih baik kita mulai dari sekarang dan dilakukan secara rutin agar lebih optimal. Sehingga sebanding dengan manfaat esok yang kita dapatkan. Tentunya akan lebih baik jika kita berkonsultasi pada ahlinya serta mengikuti petunjuk-petunjuk oleh dokter yang terkait.

Dari pada kita menyesal dikemudian hari. Bukankah mencegah lebih baik daripada mengobati??

3 comments:

  1. Mampir ngasih coment..
    Ow..begitu toh..
    Waa..perlu dipraktekin nih..
    *Termasuk yang blogger soalnya*

    ReplyDelete
  2. bim,gak tau onlen bim???
    nok endi wae awakmu??

    ReplyDelete
  3. @Just Bryan ia termasuk neh..
    perlu dipertimbangkan??^_^

    @r0syadi ia lbur bokek pulang kampung wkakaka..

    ReplyDelete


Free Blogspot Templates by Isnaini Dot Com. Supported by Muscle Car Photos. Powered by Blogger