Friday, January 09, 2009

cuap-cuap tentang Alun-alun Nganjuk...

Menurut Wikipedia Alun-alun merupakan suatu lapangan terbuka yang luas dan berumput yang dikelilingi oleh jalan dan dapat digunakan kegiatan masyarakat yang beragam. Lanjutannya silahkan baca sendiri disitus terkait...:P. Dari pengetahuan yang saya dapatkan, dari sudut pandang sejarah jawa rata-rata alun-alun mempunyai konsep sebagai tempat pusat informasi, disekitarnya terdapat pusat pemerintahan, pusat perekonomian (pasar), penjara (kantor polisi/ pusat keamanan) dan pusat peribadatan. Di alun-alun Nganjuk sendiri masih mempertahankan konsep tersebut.

Jika dibandingkan saat saya masih kecil dulu, Alun-alun sekarang memang terlihat lebih bersih dan lebih tertata. Setelah sebelumnya oleh Bupati Ibu Hanung melakukan pelarangan terhadap PKL untuk berjualan didalam Alun-alun (meskipun membuat alun-alun agak terlihat sepi), hal ini juga menjadi perhatian bagi bupati sekarang Bapak Taufiqurrahman. Perawatan, pemeliharaan yang dilakukan dan penambahan fasilitas-fasilitas misal taman refleksi memang menjadikan kesan yang lebih hidup. Sekarang pun ada juga lagu yang berjudul Alun-Alun Nganjuk yang dibuat oleh seniman Nganjuk dan dibawakan oleh Vita (Pemenang KDI5) yang menambah pesona alun-alun.
Dilihat dari konsep perancangan tata kotanya pun sebenarnya Alun-alun mempunyai ciri yang khas. Lihat gambarnya, yang saya ambil dari Google-Earth dibawah :
Photobucket
Lucu juga ya..
Apakah dulu memang sengaja ya merancang bentuk seperti itu, yang jika dilihat dari udara (dari atas) nampak seperti gambar wajah yang sedang tersenyum. Semoga sesuai harapan yang selalu dapat membuat kita semua tersenyum. Dan penambahan-penambahan yang dilakukan semoga tidak mengubah makna yang terkandung dari bentuk ciri fisiknya apalagi fungsi sebagai paru-paru kota yang menjadi cermin kota tersebut.
KEEP SMILING..^_^

0 comments:

Post a Comment


Free Blogspot Templates by Isnaini Dot Com. Supported by Muscle Car Photos. Powered by Blogger