Friday, November 13, 2009

Kuliah di China, Ada Beasiswa Asrama Gratis!

Mau menghemat biaya selama kuliah di luar negeri? Tawaran menarik datang dari sejumlah universitas di China.

Ada lima kota besar di Negeri Tirai Bambu itu yang menawarkan beasiswa berupa asrama gratis, yang khusus untuk mahasiswa Indonesia. Kelima kota itu antara lain Nachang, Ningbo, Hefei, Suzhou, dan Nanjing.

"Dengan beasiswa asrama gratis, kuliah di China bisa menghemat sampai 50 persen," kata Samuel Wiyono, Ketua Pertukaran Mahasiswa Asing Beijing Language Culture Institute di Jakarta, Kamis (12/11).

Beasiswa asrama gratis tersebut terbuka untuk calon mahasiswa yang mendaftar kuliah di China selama pelaksanaan China Education Fair 2009 di Mangga Dua Square pada 14-15 November. Selain itu, mahasiswa asing juga punya kesempatan memperoleh beasiswa keringanan biaya kuliah.

Pemberian beasiswa berupa asrama gratis itu dibenarkan oleh Dekan Anhui University, Hefei, Prof Sun Yong dan Wakil Dekan Ningo University Prof Chen Jianping. Asrama gratis juga bisa didapat ketika kuliah di Jiangxi Normal University, Nanchang, Nanjing University Information Science Technology, dan Suzhou University Science Technology.

Namun, untuk universitas yang tidak menawarkan beasiswa asrama gratis, ada penawaran biaya kuliah dan hidup yang cukup terjangkau. Tawaran itu antara lain diberikan oleh Guangxi Teahers Education University Nanjing.

Bahkan, universitas gabungan terkenal dari Inggris dan China, Xian Jiaotong Liverpool University, membuka kesempatan bagi para mahasiswa Indonesia untuk mendapatkan beasiswa uang kuliah. Universitas itu berada di kota Suzhou. Perkuliahannya menggunakan bahasa pengantar bahasa Inggris.

Samuel mengatakan, China menargetkan bisa menggaet sekitar 500 mahasiswa baru selama pameran berlangsung. Saat ini, sudah tercatat 7.000 mahasiswa Indonesia menempuh studi di negara tersebut.

sumber: kompas.com

1 comment:


Free Blogspot Templates by Isnaini Dot Com. Supported by Muscle Car Photos. Powered by Blogger